Sejarah Adobe Premiere dan Pengertian Adobe Premiere Pro



Pengertian Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro merupakan program pengolah video pilihan bagi kalangan profesional, terutama yang suka bereksperimen. Program ini banyak digunakan oleh perusahaan Pembuatan Film/Sinetron, Broadcasting, dan Pertelevisian. Salah satunya adalah BBC dan The Tonight Show. Juga sudah sering digunakan untuk film-film, seperti Dust to Glory, Captain Abu Raed, dan Superman Returns. Untuk tempat lain seperti Confessions Tour oleh Madonna. Adobe Premiere Pro memiliki sekitar 45 efek video dan 12 efek audio, yang bisa untuk mengubah pola tampilan dan menganimasikan klip video dan audio. Beberapa efek memerlukan kartu grafis yang berkualitas tinggi. Namun dari 45 efek itu, hanya 3 efek saja yang memerlukan kartu grafis kelas tinggi (misal. AMD atau NVIDIA) agar bisa diaplikasikan pada klip video. Anda juga bisa menambahkan produk efek dari pihak ketiga yang mendukung Adobe Premiere Pro. Disamping itu, Adobe Premiere Pro juga memiliki sekitar 30 macam transisi (perpindahan antar-klip) sehingga peralihan antara klip video satu ke klip video selanjutnya lebih dinamis. Sama seperti efek, beberapa tranisi juga memerlukan kartu grafis yang berkualitas tinggi seperti AMD atau NVIDIA. Ada 5 transisi yang memerlukan kartu grafis AMD atau NVIDIA agar bisa diaplikasikan.

Adobe Premiere Pro memiliki fitur - fitur penting, antara lain Capture (perekam video) Monitor, Trim (alat pemotong klip) Monitor, dan Titler (Pembuat teks judul) Monitor. Pada efek-efek video Adobe Premiere Pro terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Adobe After Effects ( cara menganimasikannya juga hampir sama ). Pada Titler, anda bisa membuat teks judul/title dan mengubah properti dari teks itu seperti mengubah bentuk huruf, memberi dan mengubah warna, memberi kontur, garis luar (outline), membuat animasi pergerakan atau animasi teks berjalan (roll and/or crawl), bisa juga untuk memberi shapes/bangun datar agar tampilan judul/teks video terlihat lebih menarik. Tahap terakhir adalah export/output/menyimpan proyek dalam bentuk video dan didistribusikan ke berbagai media yang bisa menampilkan format video.

Sejarah Adobe Premiere Pro

Premiere Pro adalah penerus yang dirancang ulang untuk Adobe Premiere, dan diluncurkan pada tahun 2003. Premiere Pro dirilis pada tahun 2003, sedangkan Premiere mengacu pada rilis sebelumnya. Premiere adalah salah satu dari NLEs pertama berbasis komputer (sistem editing non-linear), dengan rilis pertama pada Mac pada tahun 1991. Sampai versi Premiere Pro 2.0 (CS2), kemasan perangkat lunak menampilkan galloping horse, karya Eadweard Muybridge, "Sallie Gardner at a Gallop".

Fitur

Premiere Pro mendukung editing video resolusi tinggi sampai dengan 10.240 × 8192 resolusi, hingga 32-bit per warna saluran, baik RGB dan YUV. Editing sampel-tingkat audio, VST audio plug-in mendukung, dan 5,1 surround sound pencampuran tersedia. Plug-in arsitektur Premiere Pro memungkinkan untuk impor dan ekspor format luar yang didukung oleh QuickTime atau DirectShow, mendukung berbagai video dan file audio format dan codec pada kedua MacOS dan Windows. Ketika digunakan dengan garis Neo Cineform untuk plug-in, mendukung pengeditan 3D dengan kemampuan untuk melihat materi 3D menggunakan monitor 2D, sementara membuat penyesuaian mata kiri dan kanan masing-masing.

Integrasi alur kerja

After Effects
Melalui Adobe Dynamic Link, komposisi dari Adobe After Effects dapat diimpor dan diputar ulang secara langsung pada waktu Premiere Pro. The After Effects komposisi dapat dimodifikasi, dan setelah beralih kembali ke Premiere Pro, klip akan memperbarui dengan perubahan. Demikian juga, Premiere Pro proyek dapat diimpor ke Setelah Efek. Klip dapat disalin antara dua aplikasi sambil menjaga atribut klip. Premiere Pro juga mendukung banyak After Effects plug-in.

Photoshop
File Adobe Photoshop dapat dibuka langsung dari Premiere Pro yang akan diedit di Photoshop. Setiap perubahan akan segera diperbarui bila Photoshop file disimpan dan fokus kembali ke Premiere Pro.

Adobe Story, OnLocation dan Prelude
Premiere Pro alur kerja mengambil keuntungan dari metadata dalam naskah produksi video. Script ini dibuat di atau dibawa ke Adobe Story, kemudian diteruskan ke Adobe OnLocation untuk menangkap rekaman dan lampirkan metadata yang relevan dari script untuk rekaman itu. Akhirnya, di Premiere Pro, pengenalan suara dapat mencocokkan audio ke dialog dari script di metadata. Klip dapat dicari berdasarkan dialog mereka di Premiere Pro, dan dapat dikirim ke Adobe Encore DVD untuk membuat web dicari. Adobe Prelude menggantikan OnLocation di CS6 dan di atas.

Lainnya
Ada fungsi integrasi lainnya, seperti Edit dalam Adobe Audition, Dynamic Link ke Encore, dan mengungkapkan dalam Adobe Bridge.

Keuntungan lebih Premiere Elements
Versi entry-level, Adobe Premiere Elements ditujukan untuk pengguna rumahan yang tersedia di Microsoft Windows dan Mac OS X. Dengan Premiere Pro ditujukan untuk pasar profesional, memiliki keunggulan dibandingkan Premiere Elements termasuk beberapa dukungan urut, tinggi sedikit mendalam rendering, multicamera editing, waktu remapping, lingkup, alat koreksi warna, antarmuka mixer audio lanjutan, dan bezier keyframing. Premiere Pro juga memiliki Encore, untuk lebih rumit DVD dan Blu-ray Disc authoring pilihan, dan OnLocation untuk direct-to-disk rekaman. Encore dihentikan dengan merilis Adobe Creative Cloud.



Referensi : Wikipedia
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
3 Agustus 2020 pukul 21.45 ×

yuhuuu....bermanfaat sekali min
flux

Congrats bro Shikamaru Nara you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment