Footage Video adalah


Kata dan istilah Footage akan sering kita dengan jika kita mendalami dunia cinematography, apalagi bagi kita yang suka mengedit video

Jika kita simak dari katanya memang terdengar dalam bahasa Inggris yang artinya mungkin jauh menyimpang dari kata bahasa Inggrisnya. Kalau kita pilah Footage mungkin ada yang berfikir kalau kata tersebut tersusun atas dua kata yakni Foot = kaki dan Age = umur, yang artinya tentu tidak akan nyambung dengan editing video.
hmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm





Nah apa sebenarnya pengertian dari istilah footage ini? seperti yang pernah saya baca, footage itu merupakan video mentahan atau video yang masih belum diedit yang baru diambil dengan mengghunakan  media kamera.
Tapi sebagian ada juga yang  mendefinisikan kalau footage itu merupakan bagian dari video yang tidak akan dipakai atau dibuang saat editing.

Jadi menurut saya footage adalah bagian mentahan video yang akan diedit dengan tujuan untuk menghilangkan bagian yang tidak penting atau tidak ada dalam skenario. 
Dengan demikian hasil editing akan menjadi lebih baik sesuai dengan skenario dan sesuai durasi yang diinginkan. 
Sebagai contoh video footage adalah, mungkin pernah melihat video behind the scene, dalam video itu biasanya terlihat beberapa adegan yang salah, nah adegan salah itu termasuk footage nanti akan dihilangkan dalam editing.

Nah bagaimana kalau ambil video di alam bebas atau perkotaan dengan 1 tema, contohnya keadaan alam saat huja, atau keadaan kota saat sunyi sepi, apakah ada footage? tentu saja ada, mungkin untuk membuat durasi yang diinginkan maka ada beberapa bagian video yang ditambahkan yang tidak ada dalam sekrenario.

Nah kira-kira apa definisi dari footage menurut teman-teman, di internet saya cari juga masih banyak rancu apa itu footage, kebanyakan membuat definisi kalau footage itu merupakan video mentah yang baru diambil sebelum diediting. 
Bagi yang benar-benar tahu apa itu footage, silakan berikan definisinya pada kolom komentar, terimakasih. 

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
9 Juli 2020 pukul 18.27 ×

Sya dpat email dri youtube creator. Yg intinya untuk ikut serta dlm film documenter global "life in a day" jadi untuk membuat sbuah film documenter bebas tntang ativitas kehidupan.
Lha masalahnya disuruh kirim file mentah.. lha padahal film terdiri dri bebearap gambar yg di gabung. Jdi sya tidak paham namanya film file mentah?
Mohon petunjuknya

Reply
avatar
Thanks for your comment